Mitos dan Fakta Seputar Metabolisme Tubuh Kita

Tubuh biasanya melakukan proses metabolisme untuk mencerna makanan dan minuman dan mendistribusikan zat yang terkandung dalam makanan sebagai energi. Menurut Mayo Clinic, semua kalori dalam makanan dan minuman yang masuk ke tubuh akan melampirkan oksigen untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh.

Namun, ada begitu banyak mitos tentang cara melancarkan haid metabolisme tubuh yang terdispersi. Ada yang salah, dan ada juga yang benar. Berikut adalah beberapa mitos tentang metabolisme tubuh dan kebenaran, seperti yang dibahas oleh ahli gizi Josh Axe di halaman situs My Domaine.

Mitos # 1: Jika metabolisme tubuh kita baik dan cepat di tahun 1920an, maka kita juga akan memiliki metabolisme tubuh yang baik di usia lanjut.

Fakta: Itu tidak benar

Metabolisme tubuh secara alami akan menurun setelah kita berusia 40 tahun. Karena itu, kita harus melakukan aktivitas yang dapat menunjang metabolisme tubuh secara proaktif dengan rutinitas, misalnya dengan mengonsumsi makanan kaya protein dan bergizi, berolahraga secara teratur dan tidur nyenyak. Gaya hidup tidak sehat seperti stres dan jarang berolahraga berpotensi memperlambat metabolisme tubuh.

Mitos # 2: Metabolisme tubuh bisa dipercepat dengan mengonsumsi banyak lemak baik

Fakta: Benar

Mengkonsumsi jenis lemak yang baik seperti lemak alpukat, minyak kelapa, minyak zaitun dan makanan omega-3 dapat mempercepat siklus menstruasi metabolisme tubuh Anda. Padahal, tubuh membutuhkan nutrisi dari jenis sumber makanan ini agar bisa menjaga kinerja metabolik. Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi biasanya akan membuat kita merasa lebih kenyang, jadi kita juga bisa menghindari makan berlebih.

Mitos # 3: Beberapa vitamin dapat memperbaiki proses metabolisme tubuh

Fakta: Benar

Beberapa vitamin dan nutrisi yang telah terbukti membantu meningkatkan metabolisme tubuh adalah vitamin B, vitamin D, zat besi, magnesium dan antioksidan. Memastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi di atas dapat meningkatkan metabolisme, menurunkan berat badan dan memperbaiki masalah kesehatan lainnya. Selain itu, beberapa jenis makanan yang bisa memudahkan metabolisme tubuh adalah bawang putih, cuka sari apel, lada dan teh hijau.

Mitos # 4: Makan di malam hari bisa memperlambat metabolisme Anda

Fakta: Buruk

Makan di malam hari sebenarnya tidak berpengaruh signifikan terhadap metabolisme tubuh Anda. Namun, sekali lagi pada jenis makanan yang dikonsumsi. Jika Friends of the Source makan es krim atau kentang pada pukul 10 malam, maka ini jelas mengganggu metabolisme tubuh. Tapi jika Sumber Teman makan snack protein tinggi sehat, maka ini tidak akan berbahaya bagi tubuh. Sebaliknya, protein memiliki manfaat yang baik untuk metabolisme tubuh.

Nah, itulah empat fakta yang berkaitan dengan proses metabolisme tubuh. Memelihara metabolisme penting tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga untuk kesehatan secara keseluruhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Nyeri Pada Bahu

5 Kesalahan Paling Umum Saat Mandi

Perbedaan Nyeri Punggung Biasa dan Nyeri Punggung Ginjal